Selasa, 19 Agustus 2014

 GUNUNG GAJAH-PEMALANG
jawa tengah

Gunung Gajah adalah salah satu gunung  Mati  yang tidak terlalu besar, gunung yang terletak di Desa Gongseng Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Gajah kurang lebih berjarak 35 km dari Kota Pemalang ke barat daya. Gunung Gajah memiliki ketinggian sekitar 1.100 meter dari permukaan laut(dpl), dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip dengan
seeokor Hewan Gajah. Dahulu kalai menurut orang sekitar gunug ini sangat mirip dengan hewan gajah, tapi dengan seiringnnya waktu, adanya penikisan alam mungkin, atau terjadi longsor ,bentuknya sekarang tidak terlalu irip dengan gajah,



Karena gunug ini memeng masih hutan yang lebat, pohon-pohon dan batuan menjulang tinggi , masih banyak terlihat monyet yang bergelantungan di pohon-pohon,monyet-monyet ini biasany akan muncul  jika hari menjelang sore bahkan mereka akan turun ke tanah mencari sisa makanan dari pengunjung yang datang.

Akses Jalan
Alternatif pertama menuju Gunung Gajah adalah melalui Desa Kejene Kecamatan Randudongkal, karena kondisi jalan jika melalui desa ini sudah beraspal sehingga bila ditempuh menggunakan kendaraan  tidak akan kesulitan. Jika melalui rute dari Desa Kejene terus melewati Desa Pucangsari, dari Pucangsari akan langsung memasuki area Hutan dengan pemandangan kanan dan kiri yang menarik, hutan yang mayoritas adalah hutan Jati.

Jika ditempuh dari Desa Kejene akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan, akan tetapi jika ditempuh dengan jalan kaki akan memakan waktu sekitar 3-4 jam.

disarankan untuk melalui melalui Rute Desa Gongseng yang dulu hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan roda 2 saja sekarang sudah bisa menggunakan kendaraan roda 4, karena saat ini jembatan penghubung dari Kedung jati menuju Desa ini sudah menggunakan Jembatan Gelagar Besi yang dulunya masih menggunakan jembatan gantung , dan hanya bisa dilewati mengunakan kendaraan roda 2 sekarang sudah bisa dilewati kendaraan roda 4.



Di sepanjang jalan Desa Kejene dan Desa Gongseng akan banyak dijumpai warung yang menyediakan bahan perbekalan . Masyarakat desa ini juga tidak pelit untuk berbagi informasi mengenai rute menuju ke Gunung Gajah.

Bagi yang hobby Motorcross, lokasi disekitar Gunung Gajah sangat cocok untuk kegiatan ini, rute dari Desa Kejene yang sangat dianjurkan jika penggila Motorcross akan berkunjung ke Gunung Gajah menggunakan kendaraan motorcross , karena medan menuju Gunung Gajah jika ditempuh melalui rute ini sangat menarik dan menantang untuk ditaklukan. Dalam perjalanan ke puncaknya gunung gajah ini anda akan melewati pohon alang-alang yang tingginya 1-1,5 meter dan batu besar yang harus dilewati untuk mnuju ke atas, jadi kita lumayan sulit untuk menuju keatas. Berhubung gunung gajah ini gunung mati, jadi kita tidak akan menemukan lahar diatasnya, hee
Dari atas gunung gajah akan terlihat keindahan pedesaan sekitar yang  masih dikelilingi pohon dan sawah. Sungguh indah.


Semoga Bisa Bermanfaat.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar